Dune adalah salah satu film Hollywood yang cukup ditunggu – tunggu dan akhirnya rilis di Indonesia ini. Film ini sendiri disutradarai oleh Denis Villeneuve serta masih diadaptasi dari novel karya Frank Herbert yang cukup populer pada tahun 1965.

Ini adalah kedua kalinya Dune diadaptasi. Sebelumnya, novel ini juga sempat dibuat jadi film layar lebar di tahun 1984 tetapi gagal memenuhi ekspektasi para penotonnya.

Film ini pun dibuat lagi karena akhirnya Dune pun bisa sukses menjadi sebuah film cult classic yang cukup disukai pada zaman 90 an serta tahun 2000 an. Film Dune kali ini juga bahkan telah dikembangkan mulai dari tahun 2016 kemarin.

Dune sendiri bercerita mengenai seorang pangeran dengan nama Paul Atreides yang diperankan oleh Timothee Chalamet dari kerajaan House Atreides. Ia pun memainkan sebuah perang dalam merebut planet Arrakis.

Di dalam perang tersebut, dia pun lalu diharuskan untuk berhadapan dengan kaum Fremen, kaum penghuni asli Arrakis serta kerajaan House Harkonnen.

Perang ini dilakukan demi sebuah benda sakti mandraguna yang bisa sangat berbahaya kalau sampai jatuh ke tangan yang salah.

Untuk garus besarnya, film Dune yang sekarang ini bisa dibilang jauh lebih keren juga dibandingkan dengan versi tahun 1984 nya. Ada pula bantuan CGI dan juga berbagai efek visual yang membuat film ini jadi terasa sangat keren dan futuristik.

Tentu saja film ini akan sangat cocok ntuk siapapun yang suka dengan berbagai tayangan sci fi antargalaksi seperti Star Trek dan Star Wars. Kisah drama yang disajikan juga sangat amat rumit tetapi tergolong seru untuk diikuti.

Film ini bahkan menghadirkan banyak sekali bintang besar, misalnya seperti Stephen McKinley Henderson, Timothée Chalamet, Oscar Isaac, Stellan Skarsgard, Rebecca Ferguson, Josh Brolin, sampai dengan Dave Bautista.

Bahkan, bintang muda yang dikenal dengan nama Zendaya juga ikut berperan bersama dengan Sharon Duncan-Brewster, David Dastmalchian, Charlotte Rampling, Chang Chen, hingga Javier Bardem. Pemeran Aquaman yang bernama Jason Momoa, juga hadir di dalam sini.

Banyaknya pemeran yang sangat amat terkenal ini lah yang akhirnya membuat film Dune jadi makin keren. Karena, sudah pasti akting mereka sangat luar biasa.

Namun sayangnya, film ini lemah di bagian penuturannya yang sangat lambat. Alurnya bergerak dengan sangat pelan serta terasa membosankan pada beberapa bagiannya.

Konflik yang ada juga sangat rumit sehingga membuat cara penuturan yang lambat tersebut juga semakin menyiksa. Jadi, sepertinya film ini akan jadi sulit dicerna hanya dengan sekali menonton saja.

Walau begitu, namun Dune juga tetap bisa jadi film yang sangat layak untuk ditonton di Bioskop. Karena, berbagai adegan kolosal yang epik akan kurang rasanya kalau ditonton secara bajakan.

Kalian sudah nonton Dune belum?